Arsip untuk ‘RAHASIA ILMU SPIRITUAL TINGKAT TINGGI RAJA-RAJA MATARAM’ Kategori

RAHASIA ILMU SPIRITUAL TINGKAT TINGGI RAJA-RAJA MATARAM

19 Februari 2011

Serat Wedhatama merupakan salah satu karya agung pujangga sekaligus seniman besar pencipta berbagai macam seni tari (beksa) dan tembang. Wayang orang, wayang madya, pencipta jas Langendriyan (sering digunakan sebagai pakaian pengantin adat Jawa/Solo). Beliau adalah enterpreneur sejati yang sangat sukses memakmurkan rakyat pada masanya dengan membangun pabrik bungkil, pabrik gula Tasikmadu dan Colomadu di Jateng (1861-1863) dengan melibatkan masyarakat, serta perkebunan kopi, kina, pala, dan kayu jati di Jatim dan Jateng. Masih banyak lagi, termasuk merintis pembangunan Stasiun Balapan di kota Solo. Beliau juga terkenal gigih dalam melawan penjajahan Belanda. Hebatnya, perlawanan dilakukan cukup melalui tulisan pena, sudah cukup membuat penjajah mundur teratur. Cara inilah menjadi contoh sikap perilaku utama, dalam menjunjung tinggi etika berperang (jihad a la Kejawen); “nglurug tanpa bala” dan “menang tanpa ngasorake”. Kemenangan diraih secara kesatria, tanpa melibatkan banyak orang, tanpa makan korban pertumpahan darah dan nyawa, dan tidak pernah mempermalukan lawan. Begitulah kesatria sejati.
Selain terkenal kepandaiannya akan ilmu pengetahuan, juga terkenal karena beliau tokoh yang amat sakti mandraguna. Beliau terkenal adil, arif dan bijaksana selama dalam kepemimpinannya. Beliau adalah Ngarsa Dalem Ingkang Wicaksana Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Sri Mangkunegoro IV. Raja di keraton Mangkunegaran Solo. Berkat “laku” spiritual yang tinggi beliau diketahui wafat dengan meraih kesempurnaan hidup sejati dalam menghadap Tuhan Yang Mahawisesa; yakni “warangka manjing curiga” atau meraih kamuksan; menghadap Gusti (Tuhan) bersama raganya lenyap tanpa bekas.
Wedhatama merupakan ajaran luhur untuk membangun budi pekerti dan olah spiritual bagi kalangan raja-raja Mataram, tetapi diajarkan pula bagi siapapun yang berkehendak menghayatinya. Wedhatama menjadi salah satu dasar penghayatan bagi siapa saja yang ingin “laku” spiritual dan bersifat universal lintas kepercayaan atau agama apapun. Karena ajaran dalam Wedhatama bukan lah dogma agama yang erat dengan iming-iming surga dan ancaman neraka, melainkan suara hati nurani, yang menjadi “jalan setapak” bagi siapapun yang ingin menggapai kehidupan dengan tingkat spiritual yang tinggi. Mudah diikuti dan dipelajari oleh siapapun, diajarkan dan dituntun step by step secara rinci. Puncak dari “laku” spiritual yang diajarkan serat Wedhatama adalah; menemukan kehidupan yang sejati, lebih memahami diri sendiri, manunggaling kawula-Gusti, dan mendapat anugrah Tuhan untuk melihat rahasia kegaiban (meminjam istilah Gus Dur; dapat mengintip rahasia langit).
Serat yang berisi ajaran tentang budi pekerti atau akhlak mulia, digubah dalam bentuk tembang agar mudah diingat dan lebih “membumi”. Sebab sebaik apapun ajaran itu tidak akan bermanfaat apa-apa, apabila hanya tersimpan di dalam “menara gadhing” yang megah.
Kami sangat bersukur kepada Gusti Allah, dan berterimakasih sebesar-besarnya kepada Eyang-eyang Gusti dan para Ratu Gung Binatara yang telah njangkung lan njampangi kami dalam membedah dan medhar ajaran luhur ini, sehingga dengan “laku” yang sangat berat dapat kami susun dalam bahasa Nasional. Karena keterbatasan yang ada pada kami, mudah-mudahan tidak mengurangi makna yang terkandung di dalamnya. Tanpa adanya kemurahan Gusti Allah dan berkat doa restu dari para leluhur agung yang bijaksana, kami menyadari sungguh sulit rasanya, memahami dan menjabarkan kawruh atau pitutur yang maknanya persis sama sebagaimana teks aslinya. Mudah-mudahan hakikat yang tersirat di dalam pelajaran ini dapat diserap secara mudah oleh para pembaca yang budiman. Harapan saya mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi siapa saja, tanpa memandang latar belakang agama dan kepercayaannya.

PANGKUR (Sembah Raga/Syariat)

1

Mingkar mingkuring angkara,

Akarana karanan mardi siwi,

Sinawung resmining kidung,

Sinuba sinukarta,

Mrih kretarta pakartining ngelmu luhung

Kang tumrap neng tanah Jawa,

Agama ageming aji.

Meredam nafsu angkara dalam diri,

Hendak berkenan mendidik putra-putri

Tersirat dalam indahnya tembang,

dihias penuh variasi,…

agar menjiwai hakekat  ilmu luhur,

yang berlangsung di tanah Jawa (nusantara)

agama sebagai “pakaian” kehidupan.

2

Jinejer neng Wedatama

Mrih tan kemba kembenganing pambudi

Mangka nadyan tuwa pikun

Yen tan mikani rasa,

yekti sepi asepa lir sepah, samun,

Samangsane pasamuan

Gonyak ganyuk nglilingsemi.

Disajikan dalam serat Wedhatama,

agar jangan miskin pengetahuan

walaupun sudah tua pikun

jika tidak memahami rasa sejati (batin)

niscaya kosong tiada berguna

bagai ampas, percuma sia-sia,

di dalam setiap pertemuan

sering bertindak ceroboh memalukan.

3

Nggugu karsaning priyangga,

Nora nganggo peparah lamun angling,

Lumuh ing ngaran balilu,

Uger guru aleman,

Nanging janma ingkang wus waspadeng semu

Sinamun ing samudana,

Sesadon ingadu manis

Mengikuti kemauan sendiri,

Bila berkata tanpa dipertimbangkan  (asal bunyi),

Namun tak mau dianggap bodoh,

Selalu berharap  dipuji-puji.

(sebaliknya) Ciri orang yang sudah memahami  (ilmu sejati) tak bisa ditebak

berwatak rendah hati,

selalu berprasangka baik.

4

Si pengung nora nglegawa,

Sangsayarda deniro cacariwis,

Ngandhar-andhar angendhukur, Kandhane nora kaprah,

saya elok alangka longkanganipun,

Si wasis waskitha ngalah,

Ngalingi marang si pingging.

(sementara) Si dungu tidak menyadari,

Bualannya semakin menjadi jadi,

ngelantur bicara yang tidak-tidak,

Bicaranya tidak masuk akal,

makin aneh tak ada jedanya.

Lain halnya, Si Pandai cermat dan mengalah,

Menutupi aib si bodoh.

5

Mangkono ngelmu kang nyata,

Sanyatane mung weh reseping ati,

Bungah ingaran cubluk,

Sukeng tyas yen denina,

Nora  kaya si punggung anggung gumrunggung

Ugungan sadina dina

Aja mangkono wong urip.

Demikianlah ilmu yang nyata,

Senyatanya memberikan ketentraman hati,

Tidak merana dibilang bodoh,

Tetap gembira jika dihina

Tidak seperti si dungu yang selalu sombong,

Ingin dipuji setiap hari.

Janganlah begitu caranya orang hidup.

6

Urip sepisan rusak,

Nora mulur nalare ting saluwir,

Kadi ta guwa kang sirung,

Sinerang ing maruta,

Gumarenggeng anggereng

Anggung gumrunggung,

Pindha padhane si mudha,

Prandene paksa kumaki.

Hidup sekali saja berantakan,

Tidak berkembang, pola pikirnya carut marut.

Umpama goa gelap menyeramkan,

Dihembus angin,

Suaranya gemuruh menggeram,

berdengung

Seperti halnya watak anak muda

masih pula berlagak congkak

7

Kikisane mung sapala,

Palayune ngendelken yayah wibi,

Bangkit tur bangsaning luhur,

Lha iya ingkang rama,

Balik sira sarawungan bae durung

Mring atining tata krama,

Nggon anggon agama suci.

Tujuan hidupnya begitu rendah,

Maunya mengandalkan orang tuanya,

Yang terpandang serta bangsawan

Itu kan ayahmu !

Sedangkan kamu kenal saja belum,

akan hakikatnya tata krama

dalam ajaran yang suci

8

Socaning jiwangganira,

Jer katara lamun pocapan pasthi,

Lumuh asor kudu unggul,

Semengah sesongaran,

Yen mangkono keno ingaran katungkul,

Karem ing reh kaprawiran,

Nora enak iku kaki.

Cerminan dari dalam jiwa raga mu,

Nampak jelas walau tutur kata halus,

Sifat pantang kalah maunya  menang sendiri

Sombong besar mulut

Bila demikian itu, disebut orang yang terlena

Puas diri berlagak tinggi

Tidak baik itu nak !

9

Kekerane ngelmu karang,

Kekarangan saking bangsaning gaib,

Iku boreh paminipun,

Tan rumasuk ing jasad,

Amung aneng sajabaning daging kulup,

Yen kapengok pancabaya,

Ubayane mbalenjani.

Di dalam ilmu yang dikarang-karang (sihir/rekayasa)

Rekayasa dari hal-hal gaib

Itu umpama bedak.

Tidak meresap ke dalam jasad,

Hanya ada di kulitnya saja nak

Bila terbentur marabahaya,

bisanya menghindari.

10

Marma ing sabisa-bisa,

Bebasane muriha tyas basuki,

Puruita-a kang patut,

Lan traping angganira,

Ana uga angger ugering kaprabun,

Abon aboning panembah,

Kang kambah ing siyang ratri.

Karena itu sebisa-bisanya,

Upayakan selalu berhati baik

Bergurulah secara tepat

Yang sesuai dengan dirimu

Ada juga peraturan dan pedoman bernegara,

Menjadi syarat bagi yang berbakti,

yang berlaku siang malam.

11

Iku kaki takok-eno,

marang para sarjana kang martapi

Mring tapaking tepa tulus,

Kawawa nahen hawa,

Wruhanira mungguh sanyataning ngelmu

Tan mesthi neng janma wredha

Tuwin mudha sudra kaki.

Itulah nak, tanyakan

Kepada para sarjana yang menimba ilmu

Kepada jejak hidup para suri tauladan yang benar,

dapat menahan hawa nafsu

Pengetahuanmu adalah senyatanya ilmu,

Yang tidak harus dikuasai orang tua,

Bisa juga bagi yang muda atau miskin, nak !

12

Sapantuk wahyuning Gusti Allah,

Gya dumilah mangulah ngelmu bangkit,

Bangkit mikat reh mangukut,

Kukutaning jiwangga,

Yen mengkono kena sinebut wong sepuh,

Lire sepuh sepi hawa,

Awas roroning atunggil

Siapapun yang menerima wahyu Tuhan,

Dengan cermat mencerna ilmu tinggi,

Mampu menguasai ilmu kasampurnan,

Kesempurnaan jiwa raga,

Bila demikian pantas disebut orang tua.

Arti “orang tua” adalah tidak dikuasai hawa nafsu

Paham akan dwi tunggal (menyatunya sukma dengan Tuhan)

13

Tan samar pamoring sukma, Sinuksmaya winahya ing ngasepi,

Sinimpen telenging kalbu,

Pambukaning warana,

Tarlen saking liyep layaping aluyup,

Pindha pesating sumpena,

Sumusuping rasa jati.

Tidak lah samar sukma menyatu

meresap terpatri dalam keheningan  semadi,

Diendapkan dalam lubuk hati

menjadi pembuka tabir,

berawal dari keadaan antara sadar dan tiada

Seperti terlepasnya mimpi

Merasuknya rasa yang sejati.

14

Sejatine kang mangkana,

Wus kakenan nugrahaning Hyang Widhi,

Bali alaming ngasuwung,

Tan karem arameyan,

Ingkang sipat wisesa winisesa wus, Mulih mula ulanira. Mulane wong anom sami.

Sebenarnya ke-ada-an itu merupakan anugrah Tuhan,

Kembali ke alam yang mengosongkan,

tidak mengumbar nafsu duniawi,

yang bersifat kuasa menguasai. Kembali ke asal muasalmu

Oleh karena itu,

wahai anak muda sekalian…

(lanjut ke SINOM)

SINOM (Sembah Cipta/Kalbu/Tarekat)

15

Nulada laku utama

Tumrape wong Tanah jawi,

Wong agung ing Ngeksiganda,

Panembahan Senopati,

Kepati amarsudi,

Sudane hawa lan nepsu,

Pinepsu tapa brata,

Tanapi ing siyang ratri,

Amamangun karyenak tyasing sesama.

Contohlah perilaku utama,

bagi kalangan orang Jawa (Nusantara),

orang besar dari Ngeksiganda (Mataram),

Panembahan Senopati,

yang tekun, mengurangi hawa nafsu, dengan jalan prihatin (bertapa),

serta siang malam

selalu berkarya membuat hati tenteram bagi sesama (kasih sayang)

16

Samangsane pasamuan, mamangun marta martani,

Sinambi ing saben mangsa,

Kala kalaning asepi,

Lelana teki-teki,

Nggayuh geyonganing kayun,

Kayungyun eninging tyas,

Sanityasa pinrihatin,

Puguh panggah cegah dhahar lawan nendra.

Dalam setiap pergaulan,

membangun sikap tahu diri.

Setiap ada kesempatan,

Di saat waktu longgar,

mengembara untuk bertapa,

menggapai cita-cita hati,

hanyut dalam keheningan kalbu.

Senantiasa menjaga hati untuk prihatin (menahan hawa nafsu),

dengan tekad kuat, membatasi  makan dan tidur.

17

Saben mendra saking wisma,

Lelana lalading sepi,

Ngingsep sepuhing supana,

Mrih pana pranaweng kapti,

Tis tising tyas marsudi,

Mardawaning budya tulus,

Mesu reh kasudarman,

Neng tepining jalanidhi,

Sruning brata kataman wahyu dyatmika.

Setiap mengembara meninggalkan rumah (istana),

berkelana ke tempat yang sunyi (dari hawa nafsu),

menghirup  tingginya ilmu,

agar jelas apa yang menjadi tujuan (hidup) sejati.

Hati bertekad selalu berusaha dengan tekun,

memperdayakan akal budi

menghayati cinta kasih,

ditepinya samudra.

Kuatnya bertapa diterimalah wahyu dyatmika (hidup yang sejati).

18

Wikan wengkoning samodra,

Kederan wus den ideri,

Kinemat kamot hing driya,

Rinegan segegem dadi,

Dumadya angratoni,

Nenggih Kangjeng Ratu Kidul,

Ndedel nggayuh nggegana,

Umara marak maripih,

Sor prabawa lan wong agung Ngeksiganda

Memahami kekuasaan di dalam samodra seluruhnya sudah dijelajahi,

“kesaktian” melimputi indera

Ibaratnya cukup satu genggaman saja sudah jadi, berhasil berkuasa,

Kangjeng Ratu Kidul,

Naik menggapai awang-awang,

(kemudian) datang menghadap dengan penuh hormat,

kepada Wong Agung Ngeksigondo.

19

Dahat denira aminta,

Sinupeket pangkat kanthi,

Jroning alam palimunan, ing pasaban saben sepi,

Sumanggem anyanggemi,

Ing karsa kang wus tinamtu,

Pamrihe mung aminta,

Supangate teki-teki,

Nora ketang teken janggut suku jaja.

Memohon dengan sangat lah beliau,

agar diakui sebagai sahabat setia, di dalam alam gaib,

tempatnya berkelana setiap sepi.

Bersedialah menyanggupi,

kehendak yang sudah digariskan.

Harapannya hanyalah meminta

restu dalam bertapa,

Meski dengan susah payah.

20

Prajanjine abipraya,

Saturun-turuning wuri,

Mangkono trahing ngawirya,

Yen amasah mesu budi,

Dumadya glis dumugi,

Iya ing sakarsanipun,

Wong agung Ngeksiganda,

Nugrahane prapteng mangkin,

Trah tumerah dharahe padha wibawa.

Perjanjian sangat mulia,

untuk seluruh keturunannya di kelak kemudian hari.

Begitulah seluruh keturunan orang luhur,

bila mau mengasah akal budi

akan cepat berhasil,

apa yang diharapkan orang besar Mataram, anugerahnya hingga kelak dapat mengalir di seluruh darah keturunannya, dapat memiliki wibawa.

21

Ambawani tanah Jawa,

Kang padha jumeneng aji,

Satriya dibya sumbaga,

Tan lyan trahing Senopati,

Pan iku pantes ugi,

Tinelad labetipun,

Ing sakuwasanira,

Enake lan jaman mangkin,

Sayektine tan bisa ngepleki kuna.

Menguasai tanah Jawa (Nusantara),

yang menjadi raja (pemimpin),

satria sakti tertermasyhur,

tak lain keturunan Senopati,

hal ini pantas pula

sebagai tauladan budi  pekertinya,

Sebisamu, terapkan di zaman nanti,

Walaupun tidak bisa

persis sama seperti di masa silam.

22

Lowung kalamun tinimbang,

Ngaurip tanpa prihatin,

Nanging ta ing jaman mangkya,

Pra mudha kang den karemi,

Manulad nelad nabi,

Nayakengrat gusti rasul,

Anggung ginawe umbag,

Saben seba mampir masjid,

Ngajab-ajab tibaning mukjijat drajat.

Mending bila dibanding orang hidup tanpa prihatin,

namun di masa yang akan datang (masa kini),

yang digemari anak muda,

meniru-niru nabi, rasul utusan Tuhan,

yang hanya dipakai untuk menyombongkan diri,

setiap akan bekerja singgah dulu di masjid,

Mengharap mukjizat agar mendapat derajat (naik pangkat).

23

Anggung anggubel sarengat,

Saringane tan den wruhi,

Dalil dalaning ijemak,

Kiyase nora mikani,

Ketungkul mungkul sami,

Bengkrakan mring masjid agung,

Kalamun maca kutbah,

Lelagone Dandanggendis,

Swara arum ngumandhang cengkok palaran

Hanya memahami sariat (kulitnya) saja, sedangkan hakekatnya tidak dikuasai,

Pengetahuan untuk memahami makna dan suri tauladan tidaklah mumpuni

Mereka lupa diri, (tidak sadar)

bersikap berlebih-lebihan di masjid besar,

Bila membaca khotbah

berirama gaya dandanggula (menghanyutkan hati),

suara merdu bergema gaya palaran (lantang  bertubi-tubi).

24

Lamun sira paksa nulad,

Tuladhaning Kangjeng Nabi,

O, ngger kadohan panjangkah,

Wateke tan betah kaki,

Rehne ta sira Jawi,

Sathithik bae wus cukup,

Aywa guru aleman,

Nelad kas ngepleki pekih,

Lamun pangkuh pangangkah yekti karahmat.

Jika kamu memaksa meniru,

tingkah laku `Kanjeng Nabi,

Oh, nak terlalu naif,

Biasanya tak akan betah nak,

Karena kamu itu orang Jawa,

sedikit saja sudah cukup.

Janganlah sekedar mencari sanjungan,

Mencontoh-contoh mengikuti fiqih,

apabila mampu,

memang ada harapan mendapat rahmat.

25

Naging enak ngupa boga,

Reh ne ta tinitah langip,

Apata suweting Nata,

Tani tanapi agrami,

Mangkono mungguh mami,

Padune wong dahat cubluk,

Durung wruh cara arab,

Jawaku wae tan ngenting,

Parandene paripaksa mulang putra.

Tetapi seyogyanya mencari nafkah,

Karena diciptakan sebagai makhluk lemah,

Apakah mau mengabdi kepada raja,

Bercocok tanam atau berdagang,

Begitulah menurut pemahamanku,

Sebagai orang yang sangat bodoh,

Belum paham cara Arab,

Tata cara Jawa saja tidak mengerti,

Namun memaksa diri mendidik anak.

26

Saking duk maksih taruna,

Sadhela wus anglakoni,

Aberag marang agama,

Maguru anggering kaji,

Sawadine tyas mami,

Banget wedine ing mbesuk,

Pranatan ngakir jaman,

Tan tutug kaselak ngabdi,

Nora kober sembahyang gya tinimbalan.

Dikarenakan waktu masih muda,

Keburu menempuh belajar pada agama,

Berguru menimba ilmu pada yang haji, maka yang terpendam dalam hatiku, menjadi

sangat takut akan hari kemudian,

Keadaan di akhir zaman,

Tidak tuntas keburu “mengabdi”

Tidak sempat sembahyang terlanjur dipanggil.

27

Marang ingkang asung pangan,

Yen kesuwen den dukani,

Abubrah kawur tyas ingwang,

Lir kiyamat saben ari,

Bot Allah apa Gusti,

Tambuh tambuh solahingsun,

Lawas lawas nggraita,

Rehne ta suta priyayi,

Yen mamriha dadi kaum temah nistha.

Kepada yang memberi makan,

Jika kelamaan dimarahi,

Menjadi kacau balau perasaanku,

Seperti kiyamat saban hari,

Berat “Allah” atau “Gusti”,

Bimbanglah sikapku,

Lama-lama berfikir,

Karena anak turun priyayi,

Bila ingin jadi juru doa (kaum) dapatlah nista,

28

Tuwin ketip suragama,

Pan ingsun nora winaris,

Angur baya ngantepana,

Pranatan wajibing urip,

Lampahan angluluri,

Kuna kumunanira,

Kongsi tumekeng samangkin,

Kikisane tan lyan amung ngupa boga.

begitu pula jika aku menjadi pengurus dan juru dakwah agama.

Karena aku bukanlah keturunannya,

Lebih baik memegang teguh

aturan dan kewajiban hidup,

Menjalankan pedoman hidup

warisan leluhur dari zaman dahulu kala hingga kelak kemudian hari.

Ujungnya tidak lain hanyalah mencari nafkah.

29

Bonggan kan tan merlok-na,

Mungguh ugering ngaurip,

Uripe lan tri prakara,

Wirya arta tri winasis,

Kalamun kongsi sepi,

Saka wilangan tetelu,

Telas tilasing janma,

Aji godhong jati aking,

Temah papa papariman ngulandara.

Salahnya sendiri yang tidak mengerti,

Paugeran orang hidup itu demikian seyogyanya,

hidup dengan tiga perkara;

Keluhuran (kekuasaan), harta (kemakmuran), ketiga ilmu pengetahuan.

Bila tak satu pun dapat diraih dari ketiga perkara itu,

habis lah harga diri manusia.

Lebih berharga daun jati kering, akhirnya mendapatlah derita, jadi pengemis dan terlunta.

30

Kang wus waspadha ing patrap,

Manganyut ayat winasis,

Wasana wosing jiwangga,

Melok tanpa aling-aling,

Kang ngalingi kalingling,

Wenganing rasa tumlawung,

Keksi saliring jaman,

Angelangut tanpa tepi,

Yeku ingaran tapa tapaking Hyang Suksma.

Yang sudah paham tata caranya,

Menghayati ajaran utama,

Jika berhasil merasuk ke dalam jiwa,

akan melihat tanpa penghalang,

Yang menghalangi tersingkir,

Terbukalah rasa sayup menggema.

Tampaklah seluruh cakrawala,

Sepi tiada bertepi,

Yakni disebut  tapa tapaking Hyang Sukma.

31

Mangkono janma utama,

Tuman tumanem ing sepi,

Ing saben rikala mangsa,

Masah amemasuh budi,

Laire anetepi,

Ing reh kasatriyanipun,

Susilo anor raga,

Wignya met tyasing sesami,

Yeku aran wong barek berag agama.

Demikianlah manusia utama,

Gemar terbenam dalam sepi (meredam nafsu),

Di saat-saat tertentu,

Mempertajam dan membersihkan budi,

Bermaksud memenuhi tugasnya sebagai satria,

berbuat susila rendah hati,

pandai menyejukkan hati pada sesama,

itulah sebenarnya yang disebut menghayati agama.

32

Ing jaman mengko pan ora,

Arahe para taruni,

Yen antuk tuduh kang nyata,

Nora pisan den lakoni,

Banjur njujurken kapti,

Kakekne arsa winuruk,

Ngandelken gurunira,

Panditane praja sidik,

Tur wus manggon pamucunge

Mring makripat

Di zaman kelak tiada demikian,

sikap anak muda bila mendapat petunjuk nyata,

tidak pernah dijalani,

Lalu hanya menuruti kehendaknya,

Kakeknya akan diajari,

dengan mengandalkan gurunya,

yang dianggap pandita negara yang pandai,

serta sudah menguasai makrifat.

(lanjut ke PUCUNG)

PUCUNG (Sembah Jiwa/Hakekat)

33

Ngelmu iku

Kalakone kanthi laku

Lekase lawan kas

Tegese kas nyantosani

Setya budaya pangekese dur angkara

Ilmu (hakekat) itu

diraih dengan cara menghayati dalam setiap perbuatan,

dimulai dengan kemauan.

Artinya, kemauan membangun kesejahteraan terhadap sesama,

Teguh membudi daya

Menaklukkan semua angkara

34

Angkara gung

Neng angga anggung gumulung

Gegolonganira

Triloka lekeri kongsi

Yen den umbar ambabar dadi rubeda.

Nafsu angkara yang besar

ada di dalam diri, kuat menggumpal, menjangkau hingga tiga zaman, jika dibiarkan berkembang akan

berubah menjadi gangguan.

35

Beda lamun kang wus sengsem

Reh ngasamun

Semune ngaksama

Sasamane bangsa sisip

Sarwa sareh saking mardi martatama

Berbeda dengan yang sudah menyukai dan menjiwai,

Watak dan perilaku memaafkan

pada sesama

selalu sabar berusaha

menyejukkan suasana,

36

Taman limut

Durgameng tyas kang weh limput

Karem ing karamat

Karana karoban ing sih

Sihing sukma ngrebda saardi pengira

Dalam kegelapan.

Angkara dalam hati yang menghalangi,

Larut dalam kesakralan hidup,

Karena temggelam dalam samodra kasih sayang, kasih sayang sukma (sejati) tumbuh berkembang sebesar gunung

37

Yeku patut tinulat tulat tinurut

Sapituduhira,

Aja kaya jaman mangkin

Keh pra mudha mundhi diri

Rapal makna

Itulah yang pantas ditiru, contoh yang patut diikuti

seperti semua nasehatku.

Jangan seperti zaman nanti

Banyak anak muda yang menyombongkan diri dengan hafalan ayat

38

Durung becus kesusu selak besus

Amaknani rapal

Kaya sayid weton mesir

Pendhak pendhak angendhak

Gunaning jalma

Belum mumpuni sudah berlagak pintar.

Menerangkan ayat

seperti sayid dari Mesir

Setiap saat meremehkan kemampuan orang lain.

39

Kang kadyeku

Kalebu wong ngaku aku

akale alangka

Elok Jawane denmohi

Paksa langkah ngangkah met

Kawruh ing Mekah

Yang seperti itu

termasuk orang mengaku-aku

Kemampuan akalnya dangkal

Keindahan ilmu Jawa malah ditolak.

Sebaliknya, memaksa diri mengejar ilmu di Mekah,

40

Nora weruh

rosing rasa kang rinuruh

lumeketing angga

anggere padha marsudi

kana kene kaanane nora beda

tidak memahami

hakekat ilmu yang dicari,

sebenarnya ada di dalam diri.

Asal mau berusaha

sana sini (ilmunya) tidak berbeda,

41

Uger lugu

Den ta mrih pralebdeng kalbu

Yen kabul kabuka

Ing drajat kajating urip

Kaya kang wus winahya sekar srinata

Asal tidak banyak tingkah,

agar supaya merasuk ke dalam sanubari.

Bila berhasil, terbuka derajat kemuliaan hidup yang sebenarnya.

Seperti yang telah tersirat dalam tembang sinom (di atas).

42

Basa ngelmu

Mupakate lan panemune

Pasahe lan tapa

Yen satriya tanah Jawi

Kuna kuna kang ginilut tripakara

Yang namanya ilmu, dapat berjalan bila sesuai dengan cara pandang kita.

Dapat dicapai dengan usaha yang gigih.

Bagi satria tanah Jawa,

dahulu yang menjadi pegangan adalah tiga perkara yakni;

43

Lila lamun kelangan nora gegetun

Trima yen ketaman

Sakserik sameng dumadi

Tri legawa nalangsa srah ing Bathara

Ikhlas bila kehilangan tanpa menyesal,

Sabar jika hati disakiti sesama,

Ketiga ; lapang dada sambil

berserah diri pada Tuhan.

44

Bathara gung

Inguger graning jajantung

Jenek Hyang wisesa

Sana pasenedan suci

Nora kaya si mudha mudhar angkara

Tuhan Maha Agung

diletakkan dalam setiap hela nafas

Menyatu dengan Yang Mahakuasa

Teguh mensucikan diri

Tidak seperti yang muda,

mengumbar nafsu angkara.

45

Nora uwus

Kareme anguwus uwus

Uwose tan ana

Mung janjine muring muring

Kaya buta buteng betah anganiaya

Tidak henti hentinya

gemar mencaci maki.

Tanpa ada isinya

kerjaannya marah-marah

seperti raksasa; bodoh, mudah marah dan menganiaya sesama.

46

Sakeh luput

Ing angga tansah linimput

Linimpet ing sabda

Narka tan ana udani

Lumuh ala ardane ginawa gada

Semua kesalahan

dalam diri selalu ditutupi,

ditutup dengan kata-kata

mengira tak ada yang mengetahui,

bilangnya enggan berbuat jahat

padahal tabiat buruknya membawa kehancuran.

47

Durung punjul

Ing kawruh kaselak jujul

Kaseselan hawa

Cupet kapepetan pamrih

tangeh nedya anggambuh

mring Hyang Wisesa

Belum cakap ilmu

Buru-buru ingin dianggap pandai.

Tercemar nafsu selalu merasa kurang,

dan tertutup oleh pamrih,

sulit untuk manunggal pada Yang Mahakuasa.

(lanjut ke GAMBUH)

GAMBUH (Langkah Catur Sembah)

48

Samengko ingsun tutur

Sembah catur supaya lumuntur

Dhihin raga, cipta, jiwa, rasa, kaki

Ing kono lamun tinemu

Tandha nugrahaning Manon

Kelak saya bertutur,

Empat macam sembah supaya dilestarikan;

Pertama; sembah raga, kedua; sembah cipta, ketiga; sembah jiwa, dan keempat; sembah rasa, anakku !

Di situlah akan bertemu dengan

pertanda anugrah Tuhan.

49

Sembah raga punika

Pakartine wong amagang laku

Susucine asarana saking warih

Kang wus lumrah limang wektu

Wantu wataking weweton

Sembah raga adalah

Perbuatan orang yang lagi magang “olah batin”

Menyucikan diri dengan sarana air,

Yang sudah lumrah misalnya lima waktu

Sebagai rasa menghormat waktu

50

Inguni uni durung

Sinarawung wulang kang sinerung

Lagi iki bangsa kas ngetokken anggit

Mintokken kawignyanipun

Sarengate elok elok

Zaman dahulu belum

pernah dikenal ajaran yang penuh tabir,

Baru kali ini ada orang menunjukkan hasil rekaan,

memamerkan ke-bisa-an nya

amalannya aneh aneh

51

Thithik kaya santri Dul

Gajeg kaya santri brai kidul

Saurute Pacitan pinggir pasisir

Ewon wong kang padha nggugu

Anggere padha nyalemong

Kadang seperti santri “Dul”  (gundul)

Bila tak salah, seperti santri wilayah selatan

Sepanjang Pacitan tepi pantai

Ribuan orang yang percaya.

Asal-asalan dalam berucap

52

Kasusu arsa weruh

Cahyaning Hyang kinira yen karuh

Ngarep arep urub arsa den kurebi

Tan wruh kang mangkono iku

Akale kaliru enggon

Keburu ingin tahu,

cahaya Tuhan dikira dapat ditemukan,

Menanti-nanti besar keinginan (mendapatkan anugrah) namun gelap mata

Orang tidak paham yang demikian itu

Nalarnya sudah salah kaprah

53

Yen ta jaman rumuhun

Tata titi tumrah tumaruntun

Bangsa srengat tan winor lan laku batin

Dadi nora gawe bingung

Kang padha nembah Hyang Manon

Bila zaman dahulu,

Tertib teratur runtut harmonis

sariat tidak dicampur aduk dengan olah batin,

jadi tidak membuat bingung

bagi yang menyembah Tuhan

54

Lire sarengat iku

Kena uga ingaran laku

Dhingin ajeg kapindone ataberi

Pakolehe putraningsun

Nyenyeger badan mrih kaot

Sesungguhnya sariat itu

dapat disebut olah, yang bersifat ajeg dan tekun.

Anakku, hasil sariat adalah dapat menyegarkan badan

agar lebih baik,

55

Wong seger badanipun

Otot daging kulit balung sungsum

Tumrah ing rah memarah

Antenging ati

Antenging ati nunungku

Angruwat ruweding batos

badan, otot, daging, kulit dan tulang sungsumnya menjadi segar,

Mempengaruhi darah, membuat tenang di hati.

Ketenangan hati membantu

Membersihkan kekusutan batin

56

Mangkono mungguh ingsun

Ananging ta sarehne asnafun

Beda beda panduk pandhuming dumadi

Sayektine nora jumbuh

Tekad kang padha linakon

Begitulah menurut ku !

Tetapi karena orang itu berbeda-beda,

Beda pula garis nasib dari Tuhan.

Sebenarnya tidak cocok

tekad yang pada dijalankan itu

57

Nanging ta paksa tutur

Rehne tuwa tuwase mung catur

Bok lumuntur lantaraning reh utami

Sing sapa temen tinemu

Nugraha geming kaprabon

Namun terpaksa memberi nasehat

Karena sudah tua kewajibannya hanya memberi petuah.

Siapa tahu dapat lestari menjadi pedoman tingkah laku utama.

Barang siapa bersungguh-sungguh akan

mendapatkan anugrah kemuliaan dan kehormatan.

58

Samengko sembah kalbu

Yen lumintu uga dadi laku

Laku agung kang kagungan Narapati

Patitis tetesing kawruh

Meruhi marang kang momong

Nantinya, sembah kalbu itu

jika berkesinambungan juga menjadi olah spiritual.

Olah (spiritual) tingkat tinggi yang dimiliki Raja.

Tujuan ajaran ilmu ini;

untuk memahami yang mengasuh diri (guru sejati/pancer)

59

Sucine tanpa banyu

Mung nyunyuda mring hardaning kalbu

Pambukane tata titi ngati ati

Atetep telaten atul

Tuladan marang waspaos

Bersucinya tidak menggunakan air

Hanya menahan nafsu di hati

Dimulai dari perilaku yang tertata, teliti dan hati-hati (eling dan waspada)

Teguh, sabar dan tekun,

semua menjadi watak dasar,

Teladan bagi sikap waspada.

60

Mring jatining pandulu

Panduk ing ndon dedalan satuhu

Lamun lugu legutaning reh maligi

Lageane tumalawung

Wenganing alam kinaot

Dalam penglihatan yang sejati,

Menggapai sasaran dengan tata cara yang benar.

Biarpun sederhana tatalakunya dibutuhkan konsentrasi

Sampai terbiasa mendengar suara sayup-sayup dalam keheningan

Itulah, terbukanya “alam lain”

61

Yen wus kambah kadyeku

Sarat sareh saniskareng laku

Kalakone saka eneng ening eling

Ilanging rasa tumlawung

Kono adiling Hyang Manon

Bila telah mencapai seperti itu,

Saratnya sabar segala tingkah laku.

Berhasilnya dengan cara;

Membangun kesadaran, mengheningkan cipta,  pusatkan fikiran kepada energi Tuhan.

Dengan hilangnya rasa sayup-sayup, di situlah keadilan Tuhan terjadi. (jiwa  memasuki alam gaib rahasia Tuhan)

62

Gagare ngunggar kayun

Tan kayungyun mring ayuning kayun

Bangsa anggit yen ginigit nora dadi

Marma den awas den emut

Mring pamurunging kalakon

Gugurnya jika menuruti kemauan jasad (nafsu)

Tidak suka dengan indahnya kehendak rasa sejati,

Jika merasakan keinginan yang tidak-tidak akan gagal.

Maka awas dan ingat lah

dengan yang membuat gagal tujuan

63

Samengko kang tinutur

Sembah katri kang sayekti katur

Mring Hyang Sukma sukmanen saari ari

Arahen dipun kacakup

Sembaling jiwa sutengong

Nanti yang diajarkan

Sembah ketiga yang sebenarnya  diperuntukkan kepada Hyang sukma (jiwa).

Hayatilah dalam kehidupan sehari-hari

Usahakan agar mencapai sembah jiwa ini anakku !

64

Sayekti luwih perlu

Ingaranan pepuntoning laku

Kalakuwan tumrap kang bangsaning batin

Sucine lan awas emut

Mring alaming lama maot

Sungguh lebih penting, yang

disebut sebagai ujung jalan spiritual,

Tingkah laku olah batin, yakni

menjaga kesucian dengan awas dan selalu ingat akan alam nan abadi kelak.

65

Ruktine ngangkah ngukut

Ngiket ngruket triloka kakukut

Jagad agung ginulung lan jagad alit

Den kandel kumadel kulup

Mring kelaping alam kono

Cara menjaganya dengan menguasai, mengambil, mengikat, merangkul erat tiga jagad yang dikuasai.

Jagad besar tergulung oleh jagad kecil,

Pertebal keyakinanmu anakku !

Akan kilaunya alam tersebut.

66

Kaleme mawi limut

Kalamatan jroning alam kanyut

Sanyatane iku kanyatan kaki

Sejatine yen tan emut

Sayekti tan bisa awor

Tenggelamnya rasa melalui suasana “remang berkabut”,

Mendapat firasat dalam alam yang menghanyutkan,

Sebenarnya hal itu kenyataan, anakku !

Sejatinya jika tidak ingat

Sungguh tak bisa “larut”

67

Pamete saka luyut

Sarwa sareh saliring panganyut

Lamun yitna kayitnan kang mitayani

Tarlen mung pribadinipun

Kang katon tinonton kono

Jalan keluarnya dari luyut (batas antara lahir dan batin)

Tetap sabar mengikuti “alam  yang menghanyutkan”

Asal hati-hati dan waspada yang menuntaskan tidak lain hanyalah diri pribadinya

yang tampak terlihat di situ

68

Nging away salah surup

Kono ana sajatining urub

Yeku urub pangareb uriping budi

Sumirat sirat narawung

Kadya kartika katonton

Tetapi jangan salah mengerti

Di situ ada cahaya sejati

Ialah cahaya pembimbing,

energi penghidup akal budi.

Bersinar lebih terang dan cemerlang,

tampak bagaikan bintang

69

Yeku wenganing kalbu

Kabukane kang wengku winengku

Wewengkone wis kawengku neng sireki

Nging sira uga kawengku

Mring kang pindha kartika byor

Yaitu membukanya pintu hati

Terbukanya yang kuasa-menguasai (antara cahaya/nur dengan jiwa/roh).

Cahaya itu sudah kau (roh)  kuasai

Tapi kau (roh) juga dikuasai

oleh cahaya yang seperti bintang cemerlang.

70

Samengko ingsun tutur

Gantya sembah ingkang kaping catur

Sembah rasa karasa wosing dumadi

Dadine wis tanpa tuduh

Mung kalawan kasing batos

Nanti ingsun ajarkan,

Beralih sembah yang ke empat.

Sembah rasa terasalah hakekat kehidupan.

Terjadinya sudah tanpa petunjuk,

hanya dengan kesentosaan batin

71

Kalamun durung lugu

Aja pisan wani ngaku aku

Antuk siku kang mangkono iku kaki

Kena uga wenang muluk

Kalamun wus padha melok

Apabila belum bisa membawa diri,

Jangan sekali-kali berani mengaku-aku,

mendapat laknat yang demikian itu anakku !

Artinya, seseorang berhak berkata apabila sudah mengetahui dengan nyata.

72

Meloke ujar iku

Yen wus ilang sumelanging kalbu

Amung kandel kumandel

Amarang ing takdir

Iku den awas den emut

Den memet yen arsa momot

Menghayati pelajaran ini

Bila sudah hilang keragu-raguan hati.

Hanya percaya dengan sungguh-sungguh kepada takdir

itu harap diwaspadai, diingat,

dicermati bila ingin menguasai seluruhnya.

73

Pamoting ujar iku

Kudu santosa ing budi teguh sarta sabar tawekal legaweng ati

Trima lila ambeg sadu

Weruh wekasing dumados

Melaksanakan petuah itu

Harus kokoh budipekertinya

Teguh serta sabar

tawakal lapang dada

Menerima dan ikhlas apa adanya sikapnya dapat dipercaya

Mengerti “sangkan paraning dumadi”.

74

Sabarang tindak tanduk

Tumindake lan sakadaripun,

Den ngaksama kasisipaning sesami,

Sumimpanga ing laku dur,

Hardaning budi kang ngrodon.

Segala tindak tanduk

dilakukan ala kadarnya,

memberi maaf atas kesalahan sesama,

menghindari perbuatan tercela,

(dan) watak angkara yang besar.

75

Dadya weruh iya dudu,

Yeku minangka pandaming kalbu,

Ingkang buka ing kijab bullah agaib,

Sesengkeran kang sinerung,

Dumunung telenging batos.

Sehingga tahu baik dan buruk,

Demikian itu sebagai ketetapan hati,

Yang membuka penghalang/tabir  antara insan dan Tuhan,

Tersimpan dalam rahasia,

Terletak di dalam batin.

76

Rasaning urip iku,

Krana momor pamoring sawujud,

Wujudollah sumrambah ngalam sakalir,

Lir manis kalawan madu,

Endi arane ing kono.

Rasa hidup itu

dengan cara manunggal dalam satu wujud,

Wujud Tuhan meliputi alam semesta,

bagaikan rasa manis dengan madu. Begitulah ungkapannya.

77

Endi manis endi madu,

Yen wis bisa nuksmeng pasang semu,

Pasamoaning hebing kang Mahasuci,

Kasikep ing tyas kacakup,

Kasat mata lair batos.

Mana manis mana madu,

apabila sudah bisa menghayati gambaran itu,

Bagaimana pengertian sabda Tuhan,

Hendaklah digenggam di dalam hati, sudah jelas dipahami secara lahir dan batin.

78

Ing batin tan kaliru

Kedhap kilap liniling ing kalbu,

Kang minangka colok celaking Hyang Widhi,

Widadaning budi sadu,

Pandak panduking liru nggon.

Dalam batin tak keliru,

Segala cahaya indah dicermati dalam hati,

Yang menjadi petunjuk dalam memahami hakekat Tuhan,

Selamatnya karena budi (bebuden)  yang jujur (hilang nafsu),

Agar dapat merasuk beralih “tempat”.

79

Nggonira mrih tulus,

Kalaksitaning reh kang rinuruh,

Nggyanira mrih wiwal warananing gaib,

Paranta lamun tan weruh,

Sasmita jatining endhog.

Agar usahamu berhasil,

Dapat menemukan apa yang dicari,

upayamu agar dapat melepas penghalang kegaiban,

Apabila kamu tidak paham ; lihatlah tentang bagaimana terjadinya telur.

80

Putih lan kuningipun,

Lamun arsa titah,

titah teka mangsul,

Dene nora mantra-mantra yen ing lair,

Bisa aliru wujud,

Kadadeyane ing kono.

Putih dan kuningnya,

bila akan mewujud (menetas),

wujud datang berganti,

tak disangka-sangka,

bila kelahirannya

dapat berganti wujud,

Kejadiannya di situ !

81

Istingarah tan metu,

Lawan istingarah tan lumebu,

Dene ing njro wekasane dadi njawi,

Rasakna kang tuwajuh,

Aja kongsi kabasturon.

Dipastikan tidak keluar,

juga tidak masuk,

Kenyataannya yang di dalam akhirnya menjadi di luar,

Rasakan sunguh-sungguh,

Jangan sampai terlanjur tak bisa memahami.

82

Karana yen kebanjur,

Kajantaka tumekeng saumur,

Tanpa tuwas yen tiwasa ing dumadi,

Dadi wong ina tan weruh,

Dheweke den anggep dayoh.

Sebab apabila sudah terlanjur,

akan tak tenang sepanjang hidup, tidak ada gunanya bila kelak mati,

Menjadi orang hina yang bodoh,

dirinya sendiri malah dianggap tamu.

(lanjut ke KINANTHI)

TEMBANG KINANTHI

83

Mangka kanthining tumuwuh,

Salami mung awas eling,

Eling lukitaning alam,

Dadi wiryaning dumadi,

Supadi nir ing sangsaya,

Yeku pangreksaning urip.

Padahal bekal hidup,

selamanya waspada dan ingat,

Ingat akan pertanda yang ada

di alam ini,

Menjadi kekuatannya asal-usul, supaya lepas dari sengsara.

Begitulah memelihara hidup.

84

Marma den taberi kulup,

Anglung lantiping ati,

Rina wengi den anedya,

Pandak panduking pambudi,

Bengkas kahardaning driya,

Supaya dadya utami.`

Maka rajinlah anak-anakku,

Belajar menajamkan hati,

Siang malam berusaha,

merasuk ke dalam sanubari,

melenyapkan nafsu pribadi,

Agar menjadi (manusia) utama.

85

Pangasahe sepi samun,

Aywa esah ing salami,

Samangsa wis kawistara,

Lalandhepe mingis mingis,

Pasah wukir reksamuka,

Kekes srabedaning budi.

Mengasahnya di alam sepi (semedi),

Jangan berhenti selamanya,

Apabila sudah kelihatan,

tajamnya luar biasa,

mampu mengiris gunung penghalang,

Lenyap semua penghalang budi.

86

Dene awas tegesipun,

Weruh warananing urip,

Miwah wisesaning tunggal,

Kang atunggil rina wengi,

Kang mukitan ing sakarsa,

Gumelar ngalam sakalir.

Awas itu artinya,

tahu penghalang kehidupan,

serta kekuasaan yang tunggal,

yang bersatu siang malam,

Yang mengabulkan segala kehendak,

terhampar alam semesta.

87

Aywa sembrana ing kalbu,

Wawasen wuwus sireki,

Ing kono yekti karasa,

Dudu ucape pribadi,

Marma den sembadeng sedya,

Wewesen praptaning uwis.

Hati jangan lengah,

Waspadailah kata-katamu,

Di situ tentu terasa,

bukan ucapan pribadi,

Maka tanggung jawablah, perhatikan semuanya sampai tuntas.

88

Sirnakna semanging kalbu,

Den waspada ing pangeksi,

Yeku dalaning kasidan,

Sinuda saka sethithik,

Pamothahing nafsu hawa,

Linalantih mamrih titih.

Sirnakan keraguan hati,

waspadalah terhadap pandanganmu,

Itulah caranya berhasil,

Kurangilah sedikit demi sedikit godaan hawa nafsu,

Latihlah agar terlatih.

89

Aywa mematuh nalutuh,

Tanpa tuwas tanpa kasil,

Kasalibuk ing srabeda,

Marma dipun ngati-ati,

Urip keh rencananira,

Sambekala den kaliling.

Jangan terbiasa berbuat aib,

Tiada guna tiada hasil,

terjerat oleh aral,

Maka berhati-hatilah,

Hidup ini banyak rintangan,

Godaan harus dicermati.

90

Umpamane wong lumaku,

Marga gawat den liwati,

Lamun kurang ing pangarah,

Sayekti karendhet ing ri.

Apese kasandhung padhas,

Babak bundhas anemahi.

Seumpama orang berjalan,

Jalan berbahaya dilalui,

Apabila kurang perhitungan,

Tentulah tertusuk duri,

celakanya terantuk batu,

Akhirnya penuh luka.

91

Lumrah bae yen kadyeku,

Atetamba yen wus bucik,

Duweya kawruh sabodhag,

Yen tan nartani ing kapti,

Dadi kawruhe kinarya,

Ngupaya kasil lan melik.

Lumrahnya jika seperti itu,

Berobat setelah terluka,

Biarpun punya ilmu segudang,

bila tak sesuai tujuannya,

ilmunya hanya dipakai mencari nafkah dan pamrih.

92

Meloke yen arsa muluk,

Muluk ujare lir wali,

Wola wali nora nyata,

Anggepe pandhita luwih,

Kaluwihane tan ana,

Kabeh tandha tandha sepi.

Baru kelihatan jika keinginannya muluk-muluk,

Muluk-muluk bicaranya seperti wali,

Berkali-kali tak terbukti,

merasa diri pandita istimewa,

Kelebihannya tak ada,

Semua bukti sepi.

93

Kawruhe mung ana wuwus,

Wuwuse gumaib gaib,

Kasliring thithik tan kena,

Mancereng alise gathik,

Apa pandhita antiga,

Kang mangkono iku kaki,

Ilmunya sebatas mulut,

Kata-katanya di gaib-gaibkan,

Dibantah sedikit saja tidak mau, mata membelalak alisnya menjadi satu,

Apakah yang seperti itu  pandita palsu,..anakku ?

94

Mangka ta kang aran laku,

Lakune ngelmu sejati,

Tan dahwen pati openan,

Tan panasten nora jail,

Tan njurungi ing kahardan,

Amung eneng mamrih ening.

Padahal yang disebut “laku”,

sarat menjalankan ilmu sejati tidak suka omong kosong dan tidak suka memanfaatkan hal-hal sepele yang bukan haknya,

Tidak iri hati dan jail,

Tidak melampiaskan hawa nafsu. Sebaliknya, bersikap tenang agar menggapai keheningan jiwa.

95

Kaunanging budi luhung,

Bangkit ajur ajer kaki,

Yen mangkono bakal cikal,

Thukul wijining utami,

Nadyan bener kawruhira,

Yen ana kang nyulayani.

Luhurnya budipekerti,

pandai beradaptasi, anakku !

Demikian itulah awal mula,

tumbuhnya benih keutamaan,

Walaupun benar ilmumu,

bila ada yang mempersoalkan..

96

Tur kang nyulayani iku,

Wus wruh yen kawruhe nempil,

Nanging laire angalah,

Katingala angemori,

Mung ngenaki tyasing liyan,

Aywa esak aywa serik.

Walau orang yang mempersoalkan itu, sudah diketahui ilmunya dangkal,

tetapi secara lahir kita mengalah,

berkesanlah persuasif,

sekedar menggembirakan hati orang lain.

Jangan sakit hati dan dendam.

97

Yeku ilapating wahyu,

Yen yuwana ing salami,

Marga wimbuh ing nugraha,

Saking heb Kang mahasuci,

Cinancang pucuking cipta,

Nora ucul ucul kaki.

Begitulah sarat turunnya wahyu,

Bila teguh selamanya,

dapat bertambah anugrahnya,

dari sabda Tuhan Mahasuci,

terikat di ujung cipta,

tiada terlepas-lepas anakku.

98

Mangkono ingkang tinamtu,

Tampa nugrahaning Widhi,

Marma ta kulup den bisa,

Mbusuki ujaring janmi,

Pakoleh lair batinnya,

Iyeku budi premati.

Begitulah yang digariskan,

Untuk mendapat anugrah Tuhan.

Maka dari itu anakku,

sebisanya, kalian pura-pura menjadi orang bodoh terhadap perkataan orang lain,

nyaman lahir batinnya,

yakni budi yang baik.

99

Pantes tinulat tinurut,

Laladane mrih utami,

Utama kembanging mulya,

Kamulyan jiwa dhiri,

Ora ta yen ngeplekana,

Lir leluhur nguni-uni.

Pantas menjadi suri tauladan yang ditiru,

Wahana agar hidup mulia,

kemuliaan jiwa raga.

Walaupun tidak persis, seperti nenek moyang dahulu.

100

Ananging ta kudu kudu,

Sakadarira pribadi,

Aywa tinggal tutuladan,

Lamun tan mangkono kaki,

Yekti tuna ing tumitah,

Poma kaestokna kaki.

Tetapi harus giat berupaya, sesuai kemampuan diri,

Jangan melupakan suri tauladan,

Bila tak berbuat demikian itu anakku,

pasti merugi sebagai manusia.

Maka lakukanlah anakku !

By : Raden Masagus Yudhy suryo panggih


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: